globalnin

Bluehost coupon code india

godaddy discount coupon india

Pizzahut buy one get one

Home / KEGIATAN SISWA / PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR (STUDENTEXCHANGE) KE JERMAN

PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR (STUDENTEXCHANGE) KE JERMAN

PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR (STUDENTEXCHANGE) KE JERMAN

SMAN 1 PURI MOJOKERTO – KGS ALEXANDER VON HUMBOLDT WITTMUND,JERMAN

 

Sejak bulan November 2016 SMAN 1 Puri Mojokerto telah berhasil menandatangani perjanjian MOU dengan salah satu sekolah di Jerman yakni KGS Alexander von Humboldt yang berada di kota Wittmund,Jerman. Kerjasama ini seyogyanya akan berlangsung hingga tahun 2021. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk mensukseskan 17 (tujuh belas) misi dari Agenda UNESCO 2030 yang tidak lain adalah membahas tentang hal-hal seputar penyelamatan bumi dan kerukunan antar negara. Hal yang menarik dari program ini adalah para siswa akan bertemu dengan siswa dari 5 negara yaitu Jerman selaku tuan rumah, Ukraina selaku perwakilan dari negara Eropa, Kenya selaku perwakilan dari benua Afrika, Argentina selaku perwakilan dari benua Eropa dan SMAN 1 Puri Mojokerto selaku perwakilan dari benua Asia.

Agustus 2017 adalah kegiatan perdana pelaksanaan program ini. Sebanyak 9 siswa siswi terbaik dari SMAN 1 Puri Mojokerto telah berangkat ke Jerman dan berhasil mendapatkan banyak wawasan dan pengalamn baru dari negara tersebut. Para siswa tidak hanya berkesempatan untuk mengenal system pendidikan Jerman secara langsung dengan mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah tersebut, akan tetapi mereka juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat (perusahaan dan lembaga-lembaga penting) yang memiliki kerjasama dengan UNESCO ataupun yang berkecimpung dengan bidang pemeliharaan alam dan lingkungan hidup seperti perusahaan ENERCON (produsen kincir angin sebagai pembangkit listrik terbaik di Eropa) dan juga lembaga Terre des Femmes yang tidak lain adalah sebuah lembaga yang memperjuangkan kesetaraan gender para wanita. Para siswa juga berkesempatan untuk mengunjungi gedung kementrian Luar Negeri dan berkomunikasi langsung dengan pemerintahan terkait. Pengalaman yang tak kalah mengasyikkan bagi para siswa dari SMAN 1 Puri adalah bisa melihat dan juga mencoba kemajuan teknologi dari negeri tersebut, misal: naik U-Bahn (kereta bawah tanah, S-Bahn (kereta antar daerah), Strassenbahn (kereta trem), ICE (kereta super cepat), dll.

Selama kegiatan berlangsung para siswa dituntut untuk pandai berdebat dan juga memaparkan wawasan serta pengetahuan mereka seputar hal-hal yang menjadi materi inti dari agenda UNESCO 2030.  Bekal bahasa asing (Jerman dan Inggris) menjadi syarat utama untuk dapat berpartisipasi melalui program ini. Para siswa dari berbagai negara juga di tuntut untuk menjadi duta budaya bagi negaranya. Pada tahun 2017 siswa SMAN 1 Puri mempersembahkan tari saman, tari remo dan juga membatik di ajang pertukaran pelajar ini.

Melalui program ini diharapkan para siswa tidak hanya memperoleh wawasan dan pengalaman baru namun juga nantinya diharapkan memberikan sumbangsih kepada masyarakat sekitar dan juga negara Indonesia.

 

Check Also

Lokaspraga Of Castle (LOC) 2018

LATAR BELAKANG       Upaya peningkatan mutu pendidikan baik dalam bidang kepanduan merupakan suatu kegiatan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *