TUJUAN SEKOLAH

TUJUAN SMA NEGERI 1 PURI

KABUPATEN MOJOKERTO

 

 

  1. Meningkatan Keimanan dan Ketakwaan serta Akhlakul Karimah

Keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan ini di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto melaksanakan program pendalaman agama Islam yang diisi dengan kegiatan pengajian,pelestarian budaya Islam (Banjari) dan Hafalan Al Quran. Selain itu peringatan hari-hari besar keagamaan dilaksanakan dengan mengundang penceramah yang kompeten. Melaksanakan qurban dan memberikan bantuan sosial bagi peserta didik (Program Peduli Sahabat) dan warga sekitar sekolah yang kurang mampu.

 

  1. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat

Sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

  1. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

Daerah  Mojokerto memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang seni dan peduli lingkungan, serta keterampilan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada semua mata pelajaran.

 

  1. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

Pengembangan kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional yang ditunjukkan dengan adanya Mulok yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran Bahasa Jawa pada kurikulum 2013, merupakan kebutuhan dan ciri khas Kabupaten Mojokerto. Tetapi tidak melupakan kebutuhan Nasional dan global yang ditandai dengan adanya pembinaan TIK yang lebih ke arah praktis.

 

  1. Tuntutan dunia kerja

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di dibekali ketrampilan yang terintegrasi dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

 

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.

 

  1. Agama

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah sesuai dengan kompetensi inti yang diharapkan.

 

  1. Dinamika Perkembangan Global

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan agar peserta didik mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta mempunyai komitmen untuk mengatasi egosentris, sosiosentris serta mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari. Untuk itu dalam Kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Puri pun juga dimasukkan mata pelajaran Bahasa Asing selain bahasa Inggris antara lain Bahasa Jepang, Mandarin dan Jerman agar peserta didik mampu berkomunikasi secara aktif maupun pasif di tingkat Internasional.

 

  1. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentintik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

  1. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.

 

  1. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

  1. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat  setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya.

 

  1. Kesetaraan Gender

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender.

 

  1. Kesetaraan Layanan

Kurikulum SMA Negeri I Puri Mojokerto mengembangkan layanan kepada siswa berkebutuhan khusus melalui program Pendidikan Inklusi

 

  1. Budaya Membaca

Kurikulum SMA Negeri I Puri Mojokerto menumbuhkan minat membaca dan menulis melalui gerakan literasi sekolah (GLS). Program literasi di SMA Negeri 1 Puri sudah berkembang dan membudaya di lingkungan sekolah. Terdapat lebih dari 80 judul buku yang telah ditulis oleh guru dan siswa baik secara antologi maupun mandiri.

 

  1. Karakteristik Satuan Pendidikan

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan. SMA Negeri 1 Puri memiliki banyak kegiatan baik akademik maupun non akademik.  Ada sebanyak 34 ekstrakurikuler, ada 20 POKJA Adiwiyata, Pertukaran Pelajar ditingkat Eropa (Jerman). Pertukaran pelajar selama pandemic dilakukan secara daring / virtual. Sekolah mempuyai harapan yang tinggi untuk berprestasi bagi setiap peserta didik.  Proses pembelajran yang dilakukan secara maksimal dan penilaian yang autentik serta sumber daya yang memadai untuk membantu semua peserta didik mencapai hasil belajar yang dicita-citakan. Lingkungan belajar yang aman, bersih dan sehat mendukung pross pembelajaran yang nyaman.

 

  1. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa dan Peduli terhadap Lingkungan

Kurikulum SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dan nillai-nilai kepedulian terhadap lingkungan dalam dokumen dan implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah. Terwujudnya penghematan SDA (ketersediaan air bawah tanah dan ruang terbuka hijau) di sekolah dengan prinsip 5 R (reduce, reuse, recycling, repair dan resale ) serta terwujudnya  lingkungan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan, asri, bersih dan sehat, sumber belajar yang aman, serta menumbuhkan sikap jujur, amanah, fathonah / cerdas dalam berbicara dan bertindak.